Kategori
Foodies

Kuliner Khas Bondowoso

Bondowoso, sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki beberapa kuliner khas yang mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi kuliner Indonesia. Beberapa kuliner khas Bondowoso antara lain:

  1. Lontong Sayur Kelapa:
    • Makanan ini terdiri dari lontong (nasi ketan yang dikemas dalam daun pisang) disajikan dengan sayur kelapa yang dimasak dengan bumbu rempah khas Jawa Timur. Biasanya disajikan bersama dengan tahu dan sambal.
  2. Tahu Pong:
    • Tahu pong adalah camilan khas Bondowoso yang terbuat dari adonan tepung yang digoreng hingga berbentuk bulat dan berongga di dalamnya slot bonus 100. Tahu pong seringkali disajikan dengan sambal atau saus kacang.
  3. Nasi Kuning:
    • Nasi kuning merupakan hidangan nasi yang dimasak dengan kunyit, santan, dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, telur, dan sayur-sayuran.
  4. Sate Kerang:
    • Sate kerang Bondowoso terkenal karena menggunakan bahan dasar kerang segar yang dibumbui dan dipanggang. Sate ini biasanya disajikan dengan saus kacang yang khas.
  5. Bubur Gandul:
    • Bubur gandul adalah bubur khas Jawa Timur yang menggunakan bahan dasar ketan hitam dan gula kelapa. Rasanya manis dan kental, seringkali disajikan bersama kelapa parut.
  6. Rawon Setan:
    • Rawon adalah hidangan sup daging berkuah hitam khas Jawa Timur yang menggunakan kluwek sebagai pewarna alami. Di Bondowoso, ada yang disebut “Rawon Setan,” yang memiliki tingkat kepedasan lebih tinggi.
  7. Pecel Bondowoso:
    • Pecel adalah hidangan sayur-sayuran yang disajikan dengan sambal kacang. Pecel Bondowoso biasanya menggunakan lontong, sayur-sayuran segar, dan sambal kacang yang khas.
  8. Bubur Srintil:
    • Bubur srintil adalah hidangan bubur khas Bondowoso yang terbuat dari campuran ketan dan kelapa parut. Bubur ini biasanya diberi taburan gula kelapa dan disajikan sebagai makanan ringan atau sarapan.
  9. Sate Rembiga:
    • Sate rembiga merupakan sate khas Bondowoso yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil dan dibumbui dengan rempah khas Jawa Timur. Sate ini biasanya disajikan dengan lontong dan sambal kacang.
  10. Bajigur Bondowoso:
    • Bajigur adalah minuman tradisional Jawa Barat yang juga populer di Bondowoso. Minuman ini terbuat dari campuran kelapa parut, gula kelapa, jahe, dan bubuk kopi. Biasanya disajikan hangat.

Pastikan untuk mencoba kuliner-kuliner khas Bondowoso ini ketika mengunjungi daerah tersebut. Rasakan kelezatan dan keunikan cita rasa kuliner tradisional yang menjadi bagian dari budaya lokal.