Kategori
Uncategorized

Jurusan SMK Teknik Otomotif: Program Keahlian dan Kompetensi

Jurusan SMK Teknik Otomotif: Program Keahlian dan Kompetensi

Jurusan pendidikan Teknik Otomotif siap membekali siswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif, perawatan otomotif, teknologi Otomotif, dan entrepeneur.

Tertarik untuk mengambil alih jurusan otomotif sebagai pilihan studi? Yuk review seluk beluk tentang jurusan Teknik Otomotif selanjutnya ini.

Teknik Otomotif

Apa Itu Teknik Otomotif?

Jurusan Teknik Otomotif siap membekali siswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif (menguasai histori dan pertumbuhan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan uraian umum dunia otomotif), perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi, dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai sbobet dasar-dasar manajemen dan layanan kepada costumer dan juga bisa menjadi enterpreneur didalam bidang otomotif). Dalam pembelajarannya Teknik Otomotif di bagi menjadi perancangan, pengembangan, produksi, dan perawatan otomotif. Jurusan ini membekali kita dengan potensi untuk mengembangakan dan mengkombinasikan kegiatan/praktek dengan teori keteknikan. Selain itu, terhadap jurusan ini juga akan teratur mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk penerapan IPTEK melalui pelaksaaan pendidikan dan pengajaran dan juga penelitian bidang pendidikan/ketrampilan teknik bagi kepentingan pembangunan.

Mengapa Memilih Jurusan Ini?

Apabila kamu tertarik terhadap otomotif, kepekaan sosial, kepribadian yang tangguh dan santun, dan juga bisa berkomunikasi dengan baik, jurusan ini bisa menjadi pas bikin kamu. Pada jurusan ini, kamu akan sering jalankan penelitian dengan penuh tanggungjawab didalam mengembangkan pengetahuan pengetahuan dan teknologi otomotif ramah lingkungan. Dengan mempelajari pengetahuan terhadap jurusan ini, kamu juga akan mengembangkan kewirausahaan di bidang Teknik Otomotif yang peduli terhadap sesama.

Jenis Program Keahlian dan Kompetensi

Teknik otomotif yang ada di dunia SMK terbagi menjadi lebih dari satu jurusan atau program keahlian sebagai berikut.

1. Teknik Kendaraan Ringan

Pada Teknik Kendaraan Ringan kita akan di ajarkan tentang mesin-mesin terhadap mobil. Komponen-komponen rangka (chasis), kelistrikannya dan lain – lain. Pada kelanjutannya buat persiapan siswa untuk menjadi mekanik mobil yang handal yang nantinya bisa bekerja di bengkel-bengkel mobil.

Teknik Kendaraan Ringan adalah pengetahuan yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang gunakan mesin, khususnya mobil yang mulai berkembang sebagai cabang pengetahuan bersamaan dengan di ciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil makin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri berasal dari ribuan komponen yang tergolong di dalam puluhan system dan subsistem. Oleh gara-gara itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi pengetahuan yang luas dan termasuk semua system dan subsistem.

2. Teknik Sepeda Motor

Teknik Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian terhadap Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang tekankan terhadap keterampilan layanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor buat persiapan peserta didik untuk bekerja terhadap bidang pekerjaan yang di kelola oleh badan, instansi atau perusahaan privat (wirausaha).

Kompetensi Teknik Sepeda Motor

Secara tertentu obyek Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap sehingga kompeten di dalam perihal berikut:

Perawatan dan perbaikan engine sepeda motor
Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga sepeda motor
Perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi sepeda motor
Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan sepeda motor
Mampu mengimbuhkan jasa layanan pemeliharaan dan perbaikan di bidang perbengkelan sepeda Motor
Mampu mengidentifikasi tipe rusaknya berasal dari seluru sistem otomotif sepeda motor beserta komponen-komponennya
Mampu membongkar, melakukan perbaikan dan mengganti semua sistem otomotif sepeda motor selanjutnya komponennya.

3. Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (Body Repair)

Pada program keahlian ini, siswa di latih untuk menjadi seorang teknisi di dalam perihal perbaikan bodi otomotif. Spesialis di dalam perihal anggota keindahan mobil selanjutnya yang bisa terdiri berasal dari interior maupun exterior. Selain bisa paham tentang bodi mobil, siswa juga di ajarkan tentang segi lain kendaraan yang berkenaan layaknya sistem kelistrikan mobil dan juga mesinnya kendati tidak secara mendalam, ini memiliki tujuan sehingga di saat di laksanakan perbaikan bodi tidak memicu rusaknya terhadap anggota ini dan di saat anggota ini rusak juga bisa di perbaiki dengan kekuatan yang telah di ajarkan. Tidak cuma itu siswa Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (TPBO) juga di ajarkan untuk jalankan pengelasan listrik maupun oksi yang memiliki tujuan untuk membentuk dan melakukan perbaikan permukaan panel atau komponen lainnya berasal dari kendaraan dengan cara pengelasan.