Kategori
Uncategorized

Baterai Mobil Listrik Pertama di Indonesia Segera Beroperasi

Jakarta – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut bahwa pabrik Batrei Mobil kendaraan listrik pertama di Indonesia akan mulai beroperasi April 2024.

Memiliki kapasitas Batrei Mobil hingga 10 Giga Watt (GWh) di tahap pertamanya, fasilitas milik Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power itu berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

“Ekosistem baterai mobil listrik, untuk pabrik 10 GW pertama akan diresmikan sekitar April 2024, sudah produksi,” katanya dalam konferensi pers prospek investasi pasca pemilu 2024 dikutip Senin (18/3/2024).

“Sekarang kita sudah masuk untuk pengembangan pabri 20 GWh (tahap kedua),” lanjut Bahlil. Momentum ini slot777 gacor menandai Indonesia sebagai negara produsen sel baterai kendaraan Batrei Mobil listrik pertama di Asia Tenggara.

Adapun dalam fase pertama itu, PT HLI menyerap investasi sebesar 1,1 miliar Amerika Serikat (AS), yang terdiri dari 32,6 juta sel baterai yang mampu menghasilkan kurang lebih 150.000 EV. Fase kedua, diharapkan dimulai pada tahun 2025.

Pada periode ini, perusahaan berencana meningkatkan kapasitas produksi dari 10 Gwh menjadi 20 Gwh. Sebelumnya, Staf Khusus Bidang Hubungan dengan Daerah Kementerian Investasi, Tina Talisa mengungkapkan pabrik tersebut akan mulai memproduksi sel baterai pertama pada bulan April 2024 ini.